Mukbang, Tren Makan-makan yang Menjanjikan
Digdayamedia.id | Mukbang adalah mode yang dimulai di Korea Selatan di mana orang-orang memfilmkan atau menyiarkan diri mereka sendiri makan makanan (sering kali dalam jumlah besar makanan) untuk membuat “acara makan.” Mukbang dapat dianggap sebagai “pertunjukan makan.”
Dilansir Bisnis.com, dalam banyak hal, Mukbang seperti video Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR) mode lainnya. Perbedaan utama adalah di mana ASMR adalah tentang bisikan, Mukbang adalah tentang makan.
Mukbang berasal dari kombinasi kata-kata Korea untuk makan (muk-ja) dan penyiaran (bang-song). Mukbang mulai di Korea Selatan pada tahun 2009 dan dengan cepat menjadi populer. Ini kemudian mulai menjadi populer di barat pada tahun 2015 ketika diperkenalkan ke barat melalui media streaming seperti “The Brothers Brothers” dan media berita seperti BBC.
tren merekam vidio makan di suatu tempat untuk sekedar review atau malakukan chalange terhadap makanan yang akan dimakan kini mulai marak dilakukan. Di Indonesia hal tersebut dilakukan oleh banyak Youtuber yang menamai diri mereka Food Vloger.
Banyak Food Vloger yang juga sukses dengan konten makan baik yang mengeksplore makanan-makanan unik atau khas di suatu daerah, maupun melakukan chalange terhadap makanan yang sudah dikenal dengan gaya makan yang berbeda dari biasanya, guna menarik viewers dan subscriber.
Kini banyak Food Vloger yang menjadikan konten Mukbang sebagai lahan bisnis mereka, bahkan ada yang mengantongi puluhan juta rupiah dari adsense Youtube untuk satu vidio saja. Hal tersebut membuat banyak Food Vloger berhenti dari pekerjaan sebelumnya dan memilih untuk fokus membuat konten Mukbang.
Apakah anda tertarik mencobanya? Siapa tau ini adalah salah satu jalan kesuksesan anda.
Penulis: Munji