Kunjungan Mahasiswa MAP Untirta ke Ombudsman Republik Indonesia

Jakarta (10/12) Pelayanan publik merupakan kunci dalam suatu pembangunan. Pelayanan publik yang baik akan mendorong kesejahteraan dan kepuasan masyarakat. Pelayanan publik juga merupakan suatu cerminan dari kinerja birokrasinya. Jika pelayanan publiknya baik, tentunya diiringi dengan cara kinerja birokrasinya yang jua baik. Begitu pula sebaliknya. Dalam rangka pelaksanaan tugas kampus mahasiswa jurusan Magister Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Provinsi Banten berkunjung ke Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang berada di Jakarta Selatan untuk mengetahui dan sharing mengenai pelayanan publik dan etika birokrasi di Indonesia melalui Ombudsman Republik Indonesia.
Acara dihadiri oleh Asisten Utama Ombudsman Republik Indonesia Dominikus Dalu, pada kesempatan tersebut Dominikus menyampaikan pentingnya menjaga dan berkomitmen untuk melakukan pelayanan public dan menjaga etika birokrasi dalam menyelesaikan setiap persoalan publik, complain handling system. Dengan tagline Awasi, Tegur dan Laporkan, Ombudsman Republik Indonesia berkomitmen untuk dapat menyelesaikan persoalan aduan dengan maksimal. Pemaparan Dominikus disambut hangat oleh paramahasiswa diantaranya, Ari, Nurul, Diyah, Guntur, Nugraha, dan Imam dengan beragam pertanyaan dalam diskusi yang dipandu oleh seorang moderator.
Sementara itu, Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik DR. Ipah Ema Jumiati yang turut hadir mendampingi mahasiswa dalam kunjungan tersebut menyatakan sangat senang karena Mahasiswanya bisa sharing dengan Ombudsman RI sehingga mereka bisa mendapatkan ilmu berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Dominikus Dalu. Saya berharap agar semua mahasiswa terus haus akan belajar dan perbanyak sharing sehingga dapat menambah wawasan serta pemahaman mengenai pelayanan public dan etika birokrasi. Mahasiswa juga disarankan berpartisipasi menjadi pelopor dalam pengawalan berjalannya pelayanan public dengan baik dinegeri ini. tambahnya.
Dihubungi terpisah DR. Suwaib Amirudin Dosen mata kuliah Filsafat dan Etika Administrasi Publik menyatakan Pelayanan publik sangat penting karena berhubungan dengan khalayak ramai yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. karena itu institusi pelayanan publik baik pemerintah maupun non-pemerintah.harus memberikan pelayanan yang prima, karena kepuasan masyarakat menjadi tujuan utama. Kepuasan ini dapat terwujud jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan standart pelayanan yang telah ditetapkan. Pungkasnya. (Mir)