Launching, RSUD Kota Serang Siap Penuhi 4 Pelayanan Spesialis
Serang- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang di klaim telah siap melayani 4 dasar yakni pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kandungan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Ikbal setelah Grand launching RSUD Kota Serang di Jl. Kp. Baru Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocokjaya, Selasa (02/12/19).
Iqbal mengatakan, meskipun RSUD Kota Serang dikategorikan RSU tipe C, RSUD juga dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota serang yang membutuhkan pelayanan kesehatan untuk THT, Mata dan Syaraf.
“Jantung memang belum ada, tapi disini ada ahli penyakit dalam. Kalau ada yang masyarakat yang membutuhkan pelayanan Jantung, tentu nanti ahli penyakit dalam akan merujuk ke RSU tipe B terdekat,” katanya.
Iqbal juga mengatakan, sudah ada 200 pegawai yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Serang yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, analis, rekam medis dan lain sebagainya. “Untuk dokter spesialis ada 12, sedangkan untuk dokter umum kurang lebih 10. Totalnya kita hamper 200 pegawai kita,” paparnya.
Lebih lanjut Iqbal berharap hadirnya RSUD Kota Serang dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang ada di Kota Serang, mengingat fenomena yang terjadi saat ini sangat sangatb
“mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Pemkot. Yang selama ini ngeluh susah masuk rumh sakit karena penuh, mudah-mudahan kami menjadi solusi,” tandasnya.
Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, Meskipun RSUD telah di Launcing, pihaknya mengakui jikalau masih terdapat banyak kekurangan yang harus di penuhi oleh pemkot guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Kekurangan tersebut diantaranya belum bisa melayani pasien BPJS, belum adanya gedung terpadu dan lingkungan yang dirasa masih gersang.
“Sisanya tinggal fasilitas kamar operasi yang belum ada ac. Dalam waktu dekat sudah kita siapkan. Perbaikan pun akan terus di lakukan,” jelasnya.
Kendati demukian, pihaknya berjanji akan segera melengkapi kekurangan-kekurangan baik dari segi sarana dan prasarana maupun peningkatan pelayanan tarhadap masyarakat. “2021 lah sampai lengkap, Insya allah. Mudah-mudahan ke depan kami bisa menjalin kerjasama dengan BPJS, sehingga masyarakat tidak merasa di beratkan,” tandasnya. (Arr)